PEMBELAJARAN
TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
Oleh
: SRI MELATI SAGITA
RINI
AMALIA
Program
Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Matematika dan IPA Universitas
Indraprasta PGRI
Bidang yang
Dikembangkan
Pembelajaran
Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality yang digunakan untuk para
siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada didaerah Bogor.
Problem
Seiring
dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer memiliki banyak manfaat bagi
manusia di berbagai bidang yaitu dalam bidang informasi, edukasi, bisnis dan
komunikasi. Oleh karena itu komputer banyak dimanfaatkan untuk membantu dalam
menyelesaikan pekerjaan manusia, pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan
secara manual, namun dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi pekerjaan
tersebut dapat dikerjakan dengan bantuan komputer yang tentunya sangat memudahkan
dan dapat menghemat waktu, dan salah satu teknologi komputer yang sedang
berkembang saat ini adalah Augmented Reality.
Penggunaan
komputer pada bidang edukasi sangatlah banyak, seperti pembelajaran tentang
biologi, kimia, matematika dan masih banyak lagi. Salah satu nya pembelajaran
tentang tata surya. Saat ini pembelajaran tata surya hanya bisa dipelajari dari
buku, video, internet ataupun datang langsung ke tempat yang mempelajari
tentang tata surya seperti Planetarium. Dengan perkembangan teknologi saat ini,
terutama di bidang teknologi Augmented Reality, maka perlu diimplementasikan ke
dalam dunia pembelajaran terutama pembelajaran tata surya menggunakan teknologi
Augmented Reality. Agar dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang
tata surya
Solusi
Selama
proses pembuatan aplikasi Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi
Augmented Reality masih terdapat kekurangan, yaitu penjelasan mengenai planet
masih kurang lengkap, terkadang letak objek yang tidak sesuai dengan markernya,
marker yang tidak bisa terdeteksi ketika berada di lingkungan yang kekurangan
cahaya atau cahaya berlebih atau ketika ada benda yang menutupi sebagian kecil dari
marker. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan penjelasan mengenai planet
dapat dilengkapi sesuai data yang update dan untuk menanggulangi kekurangan
lainnya disarankan agar meletakan objek sesuai markernya dan mengatur cahaya
agar marker bisa terdeteksi.
Evaluasi
Selama
proses pembuatan aplikasi Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi
Augmented Reality masih terdapat kekurangan, yaitu penjelasan mengenai planet
masih kurang lengkap, terkadang letak objek yang tidak sesuai dengan markernya,
marker yang tidak bisa terdeteksi ketika berada di lingkungan yang kekurangan
cahaya atau cahaya berlebih atau ketika ada benda yang menutupi sebagian kecil
dari marker. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan penjelasan mengenai
planet dapat dilengkapi sesuai data yang update dan untuk menanggulangi
kekurangan lainnya disarankan agar meletakan objek sesuai markernya dan
mengatur cahaya agar marker bisa terdeteksi.
Kontribusi
Bertujuan
untuk menampilkan objek planet yang berbentuk 3 dimensi dengan animasinya serta
menampilkan suara yang menggunakan bantuan marker yang dibuat disesuaikan
dengan gambar planet-planet nya. Objek planet 3 dimensi serta animasinya dibuat
menggunakan 3DsMax 2013 dan Unity 3D.
Sedangkan
AR Sound digunakan dalam proses pembacaan marker, tes kamera, dan keseluruhan
proses Augmented Reality hingga objek dapat tampil pada kamera. Objek planet
akan muncul sesuai dengan marker yang disorotkan ke arah kamera atau webcam dan
ditampilkan dalam bentuk animasi 3dimensi
Baik
Kelebihan
dari pembelajaran tata surya berbasis Augmented Reality adalah pengguna bisa
mengetahui nama planet serta penjelasan planet dengan penampilan yang berbeda,
karena tidak hanya ditampilkan secara teks dan objek 3 dimensi, namun
ditampilkan dengan penjelasan suara
Buruk
Masih
belum bisa diterapkan di perangkat yang lain.
Nama : Eko
Sumarsono
NPM : 13114474
Kelas : 3KA22
Tidak ada komentar:
Posting Komentar