Senin, 26 Oktober 2015

Tugas TOU 1 : Rangkuman (Hal 53 - 59)

PENGERTIAN DAN UNSUR - UNSUR ORGANISASI
Sistem usaha bersama antara dua orang atau lebih, sesuatu yang tidak berwujud dan tidak bersifat pribadi, yang sebagian besar mengenai hubungan – hubungan kemanusiaan.
·         Herbert A Simon
Organization is the complex pattern of communication and other relasions in a group of human being . Artinya kurang lebih: Organisasi merupakan pola komunikasi yang kompleks dan hubungan – hubungan lain dalam suatu kelompok manusia.
·         S. Prajudi Atmosudirdjo
Organisasi itu sebagai struktur tata pembagian kerja dan tata hubungan kerja antara sekelompok orang – orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama – sama mencapai suatu tujuan yang tertentu.
·         Sondang P. Siagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.
Dari beberapa definisi tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa organisasi merupakan suatu bentuk kerjasama antara sekelompok orang yang tergabung  dalam suatu wadah tertentu guna mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan bersama.

UNSUR – UNSUR ORGANISASI
Secara sederhana organisasi mempunyai tiga unsur yaitu, ada orang – orang, ada kerjasama, dan ada tujuan bersama. Agar orang – orang yang ada di dalam organisasi dapat melakukan kerjasama dalam usaha mencapai tujuan bersama maka di perlukan daya kerja. Daya kerja di bedakan menjadi dua macam yaitu :
1)   Daya Manusia
Daya manusia terdiri dari kemauan dan kemampuan yang meliputi:
a.    Kemauan dan kemampuan untuk bekerja atau untuk berbuat.
b.    Kemauan dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, dan
c.    Kemauan dan kemampuan untuk melakukan melaksanakan prinsip – prinsip organisasi.
2)   Daya Bukan Manusia
Ialah daya yang diperoleh dari barang, benda. Misalnya mesin – mesin, uang, waktu dll.

MAN
Man (orang orang), dalam kehidupan organisasi sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Administrator dan para manager merupakan unsur pimpinan yang disebut tugas untuk mengelola. Menjalankan dan menggerakan organisasi untuk mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Untuk mengelola, menjalankan dan menggerakan organisasi , administrator dan manager harus mampu melakukan perencanaan (planning).

KERJASAMA
Yang dimaksud dengan kerjasama adalah suatu perbuatan yang membantu atau suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama – sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan – tingkatannya.dibedakan menjadi administrator manger dan pekerja (workesrs).

TUJUAN BERSAMA
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang dicapai, yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan sedang apa yang yang harus di capai melalui prosedur.
Menurut jangka waktunya, kapan tujuan itu dapat tercapai, dapat dibedakan menjadi :
1.     Tujuan jangka panjang, misalnya era pembangunan 25 tahun Negara kita.
2.    Tujuan jangka menengah, misalnya tujuan pembangunan 5 tahun (Pelita).
3.    Tujuan kangka pendek, misalnya tujuan yang dicapai dalam masa pelaksanaan Anggaran, Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Tujuan juga dapat dibedakan menjadi tujuan pokok dan tujuan bukan pokok. Tujuan pokok adalah tujuan yang menyebabkan timbilnya organisasi dan menyebabkan kelangsungan hidup organisasi.

PERALATAN (EQUIPMENT)
Unsur yang keempat daripada organisasi adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana/tool, berupa materi, mesin – mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

LINGKUNGAN (ENVIRONMENT)
Yang termasuk sebagai factor lingkungan ini misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomis, dan teknologis. Termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain:
1)    Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap daya gerak dan kehidupan organisasi karena kondisi atau situasi akan selalu mengalami perubahan.
2)   Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.
3)   Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi. Wilayah operasi dibedakan menjadi:
-          Wilayah kegiatan menyangkut jenis kegiatan atau macam kegiatan apa saja yang boleh dilakukan sesuai dengan tujuan organisasi.
-          Wilayah jangkauan atau geografis atau wilayah tertorial, menyangkut wilayah atau daerah operasi organisasi.
-          Wilayah personil menyangkut semua pihak (orang- orang, badan – badan) yang mempunyai hubungan dan kepentingan dengan organisasi.
-          Wilayah kewenangan atau kekuasaan, menyangkut semua urusan persoalan, kewajiban, tugas, tanggungjawab dan kebijaksanaan.

KEKAYAAN ALAM
Yang termasuk dalam kekayaan ala mini misalnya keadaan iklim, udara, cuaca (geografi, hidrografi, geologi, klimatologi), flora dan fauna.

KERANGKA ATAU KONSTRUKSI MENTAL ORGANISASI
konstruksi mental organisasi ini berupa prinsip – prinsip organisasi. Organisasi modern dibangun dan di gerakan berdasarkan pada prinsip – prinsip sebagai berikut:
1)    Pembagian tugas (division of work).
2)   Pendelegasian wewenang (delegation of authority).
3)   Disiplin (discipline).
4)   Kesatuan perintah (unity of command).
5)   Kesatuan arah (unity of direction).
6)   Rentangan pengawasan (spon of control).
7)   Koordinasi (coordination).
8)   Jenjang organisasi (hierarchy).
9)   Sentralisasi (centralization).
10) Inisiatif (inisiative), dan
11)  Kesatuan jiwa korp (esprit de corp).
Prinsip – prinsip organisasi tersebut akan dibicarakan dalam bab tersendiri.

MANUSIA SEBAGAI FAKTOR ORGANISASI
Dari beberapa unsur atau faktor tersebut manusia merupakan faktor yang terpenting. Manusia merupakan faktor terpenting organisasi karena:
1)    Manusia merupakan mahluk Tuhan yang paling sempurna diantara mahluk ciptaan Tuhan.
2)    Manusia mempunyai rasio, berbeda dengan mahluk hidup lainnya.
3)   Faktor – faktor lainnya yang dimiliki oleh organisasi hanya mempunyai arti dan bermanfaat apabila manusia mampu mengelolanya dengan baik.
4)   Manusia mempunyai kemawan dan kemampuan untuk berbuat dan membangun.
5)   Manusia merupakan faktor perangsang kea rah tercapainya tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
6)   Manusia merupakan modal utama bagi organisasi.
7)   Manusia merupakan mahluk sosial, mahluk bermasyarakat yang mampu mengadakan kerjasama dengan semua pihak dalam usaha mencapai tujuan bersama.
8)   Manusia merupakan unsur terpenting dalam organisasi karena manusia mampu untuk berkembang baik dalam cara berpikir , cara hidup maupun cara berkelompok atau bermasyarakat. Makin tinggi cara berpikir dan cara hidupnya maka semakin tinggi pula tingkat peradabannya. 
Sebagai akibat dari kesadaran untuk berorganisasi yang semakin tinggi maka manusia modern mendapat berbagai macam predikat, antara lain sebagai berikut:
1)    Manusia organisasi, adalah:
§  Manusia yang suka berkarya dalam berbagai bentuk kelompok.
§  Manusia yang mampu berkerjasama dengan semua pihak dalam usaha mencapai tujuan bersama dengan sistem, metode, dan prosedur kerja yang baik.
§  Manusia yang mampu mengendalikan sekelompok orang guna mencapai tujuan bersama dengan pedoman kepada prinsip – prinsip organisasi.
§  Manusia yang kuat dalam pengembangan dan pengendalian organisasi dengan disiplin yang tinggi.
2)   Manusia manajemen
Adalah manusia yang mampu melakukan pengendalian dan pengembangan kegiatan operasional melalui kemampuan dalam penyusunan rencana yang baik, pengorganisasian yang rapi. 
3)   Manusia administrasi
Ada pendapat bahwa administrasi merupakan suatu tipe manajemen tertentu yang merupakan yang merupakan overall management suatu organisasi. Dengan demikian yang dimaksud dengan manusia administrasi ialah manusia yang mampu menjalankan overall management, manusia yang mampu mengadakan pengendalian dan pengembangan secara efektif dan efisien kegiatan – kegiatan operasional yang masing – masing dijalankan, dikendalikan, dikembangkan dan dipimpin oleh manusia manajemen.
Dengan kata lain dapat dilakukan bahwa manusia administrasi adalah manusia yang mampu menjalankan fungsi – fungsi perencanaan secara keseluruhan (overall planning), pengorganisasian secara keseluruhan (overall organizing), pemberian motivasi secara keseluruhan (overall motivating), pengawasan secara keseluruhan (overall controlling), dan pengambilan keputusan secara keseluruhan (overall decision making). Overall planning dibuat oleh administrator sehingga kadang – kadang disebut dengan baik istilah administratif perencanaan (administrative planning).
Overall planning meliputi segala aspek kegiatan seluruh unit organisasi, yang akan menjadi landasan kerja pimpinan untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi. Hal ini berbeda dengan perencanaan yang dibuat oleh para manager yang disebut perencanaan yang dibuat oleh para manager yang disebut perencanaan manajemen (management planning) atau ada yang menyebut perencanaan eksekutif (excekutive). Perencanaan manajemen hanya meliputi satu bidang tertentu, dan dibuat oleh manager unit yang memegang tugas eksekutif. Demikian seterusnya untuk fungsi – fungsi lainnya. 

Halaman Selanjutnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar